[Flashback] Yamaha V-Ixion, Mau Diproduksi Massal

mplus vixi prototipe

Pertama kali lihat V-ixion, di tabloid Motor Plus no. 403/VII Sabtu, 18 November 2006. Masih berupa prototype.

Motor sport Yamaha V-Ixion bisa dilihat di The 3rd Jakarta Motorcycle Show (JMS). Diprediksi bakal diproduksi massal. Melengkapi varian motor laki garputala kapasitas kecil dengan dukungan teknologi maju.

Nasibnya pasti akan sama dengan Yamaha Jupiter MX 135LC atau Spark 135 Thailand. Ketika itu prototipenya juga dipajang di Bangkok Motor Show 2005 lalu. Waktu itu namanya Yamaha Tachyon. Bahkan speknya dirahasiakan, sebab waktu itu sudah beredar gosip bebek Yamaha 135 cc. Nah, V-Ixion pasti begitu.

V-Ixion ini motor pajangan fresh alias belum pernah dipajang di pameran motor manapun. Jadi bukan display eks Tokyo Motor Show tahun lalu macam FC-Me. Hebat! Pasti motor baru Yamaha yang digosipkan selama ini.

Mau dijual massal? Kalau ditanya ke Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) pasti nggak dijawab dengan sebenarnya. Apalagi tanya ke bagian promosi atau iklan. Mana tahu mereka. Itu strategi marketing. He he he ……

“Ini langsung dibawa dari kantor pusat Yamaha Motor Company (YMC) di Jepang. V-Ixion cuma ada satu, jadi mesti ekstra hati-hati,” buka Herry Setianto, manajer promosi PT. YMKI.

Perlakuan khusus untuk V-Ixion seperti saat akan masuk ruang pamer Jakarta Convention Center (JCC), motor 4-tak 125 cc nggak boleh didorong langsung. Alhasil dari boks, V-Ixion dikasih alas papan kayu (pallet) lalu dinaikkan ke troli khusus, baru deh dibawa ke dalam. Ribet!

Belum lagi syarat, bodi motor futuristis ini nggak lecet sedikit pun. Pantas saja V-Ixion diset di panggung paling tinggi dengan penjagaan petugas security ekstra ketat. Jadi dilihat boleh, dipegang jangan!

Tapi, rasanya sederet perlakuan di atas pantas kok. Karena V-Ixion seolah jadi ikon ambisi Yamaha membuat muscle bike khas versi Asia Tenggara. “Emang motor ini dirancang khusus untuk pasar Asia dengan cc kecil,” bisik Pak Heri. Jadi diproduksi dong? • Yongki

 

SPESIFIKASI TEKNIK

Mesin                   : 4-tak pendingin air 2 katup SOHC

Bore x stroke      : 54 x 54 mm

Kompresi             : 10,0 : 1

Transmisi            : 5 kecepatan constant mesh

Sok depan           : Up side down

Sok belakang      : Monosok

Dimensi               : 1.885 mm x 795 mm x 1.085 mm

Tinggi jok            : 805 mm

Sumbu roda        : 1.270 mm

Berat kosong     : 84 kg

 

DETAIL CAKEP

Beberapa komponen V-Ixion disumbang dari seniornya, YZF-R6. Sebut saja injakan kaki (footpeg), kaliper 4 piston radial mounting berikut master rem. Batok lampu depan dicomot dari MT-03. Tampangnya jadi kekar!

Detail lain haram dilewatkan. Seperti lengan ayun dengan setelan rantai ala motor enduro. Knalpot kolong (underseat muffler) yang kinclong berkat rona titanium. Tonjolan di tangki ikut dikasih lampu LED sampai bodi kit terbuat dari serat karbon.

Tapi urusan mesin mirip dapur pacu Jupiter MX tapi rada beda sek nih. Karena cuma 2 klep, konfigurasi piston square yaitu gabungan bore x stroke 54 mm hingga transmisi manual 5 kecepatan.

Buat pabrikan sebesar Yamaha tentu bukan perkara besar seumpama memproduksi V-Ixion, tinggal ubah basis mesin Jupiter MX tambah sasis deltaboks. Jadi deh!

Image (5)

Beritanya memang sudah basi, makanya jangan dilihat beritanya, lihat aza foto narsis yang punya blog😆😆😆


huft

Tentang ahmadfaisolat

Kuli Proyek
Pos ini dipublikasikan di Motor, V-ixion. Tandai permalink.

32 Balasan ke [Flashback] Yamaha V-Ixion, Mau Diproduksi Massal

  1. gasspoll83 berkata:

    mantap banget tuh vixion versi awalnya speedonya di tanki

  2. Rollerman berkata:

    baru sadar kalau velg YZF R15 dan New Vixion adalah velg jadul,tuh Vixion modif aja pakai velg model sama dengan yang sekaran (YZF R15 dan New Vixion)

    • ahmadfaisolat berkata:

      Iya, pelek model palang 10 kayak gitu kan udah dipakai oleh beberapa motor sport Yamaha cc kecil (CMIIW), contohnya:

      — Yamaha TZR50 (2003-2004)

      — Yamaha YZF-R125 (2008-sekarang)

      — Yamaha YZF-R15 v 2.0 (2011-sekarang)

      — Yamaha Vixion gen 2 (2012-sekarang)

      Dilihat dari timeline-nya, new vixionlah yang terakhir memakainya. Dari timelinenya jg, ketahuan kan dari mana datangnya pelek vixion konsep di atas.:mrgreen:

      • biasa berkata:

        beda gan antara velg r125 sama r15. tapak velg belakang r125 lebih lebar yaitu 4inchi beda dg r15 dan NVL yg cuma 3,5inch. begitu jg saya curiga velg depan NVL yg lebih sempit 2,15inchi lebih lebar r15 yg mungkin 2,5inchi. dan juga kualitas velg r125 klu agan tau sebenernya kualitas eropa keluaran marchesini.

      • ahmadfaisolat berkata:

        thanks infonya Gan, iya maksud saya juga, modelnya aja yang mirip:mrgreen:

  3. byRizki berkata:

    Footstep kanannya punya nvl ya bro. Beli 1 set brapaan bro

    • ahmadfaisolat berkata:

      yoi Bro, NVL. step >> 1PA-F7462-00 ―― BRACKET, FOOTREST 2 ―― Rp89.000,00
      Stepnya ngga seset, cuma diganti braketnya aja. pedal rem, pijakan, per, baut pakai bawaannya. kecuali levernya (1PA-F7262-00 ―― LEVER ―― Rp32.000,00), lever itu buat menekan masternya, kalau di rem tromol ya yg buat narik batangnya itu.

      rincian yg lainnya:

      untuk arm,sepatbor, kaliper, master, footrest, punyanya NVL. daftar harganya:

      1PA-F580W-00 ―― CALIPER ASSY, REAR 2 ―― Rp432.000,00

      95812-10030 ―― BOLT, FLANGE ―― Rp5.000,00
      1PA-F587A-00 ―― HOLDER, BRAKE HOSE ―― Rp7.500,00
      1PA-F144G-00 ―― STAY, STOP SWITCH ―― Rp6.000,00

      1PA-F583V-00 ―― RR. MASTER CYLINDER ASSY. ―― Rp300.000,00

      90240-08005 ―― PIN, CLEVIS ―― Rp3.500,00
      90201-08066 ―― WASHER, PLATE ―― Rp1.000,00
      91401-20012 ―― PIN, COTTER ―― Rp6.000,00
      92012-08025 ―― BOLT, BUTTON HEAD ―― Rp4.000,00
      90119-06137 ―― BOLT, WITH WASHER ―― Rp1.600,00
      1PA-F5873-00 ―― HOSE, BRAKE 2 ―― Rp97.000,00
      90401-10812 ―― BOLT, UNION ―― Rp8.000,00
      90201-10118 ―― WASHER, PLATE ―― Rp48.000,00
      1PA-F5887-00 ―― HOLDER, BRAKE HOSE ―― Rp7.500,00

      1PA-F2110-00 ―― REAR ARM COMP. ―― Rp312.000,00

      93317-218Y1 ―― BEARING ―― Rp62.000,00
      1PA-F2151-00 ―― SEAL, GUARD ―― Rp16.000,00
      93315-317Y1 ―― BEARING ―― Rp35.000,00
      93106-17801 ―― OIL SEAL ―― Rp32.000,00

      1PA-F1650-00 ―― REAR FENDER COVER COMP. ―― Rp32.000,00

      90387-09803 ―― COLLAR ―― Rp8.000,00
      95812-06014 ―― BOLT, FLANGE ―― Rp7.500,00
      95812-06020 ―― BOLT, FLANGE ―― Rp2.500,00
      45P-F1717-00 ―― DAMPER ―― Rp1.500,00

      93306-252X7 ―― BEARING ―― Rp38.000,00
      1PA-F5381-00 ―― AXLE, WHEEL ―― Rp36.000,00
      1PA-F5386-00 ―― COLLAR, SPROCKET AXLE ―― Rp9.500,00
      95602-14200 ―― NUT, SELF-LOCKING ―― Rp11.000,00
      90201-15030 ―― WASHER, PLATE ―― Rp10.000,00
      1PA-F5388-00 ―― PULLER, CHAIN 1 ―― Rp26.000,00
      1PA-F2174-00 ―― END 1 ―― Rp14.000,00
      92902-08600 ―― WASHER, PLATE ―― Rp2.600,00
      95302-08600 ―― NUT ―― Rp2.000,00

      Total: ―― Rp1.705.700,00

      —————–

      nah, untuk pelek dan piringan cakramnya pakai punya R15, beli di kaskus.

  4. byRizki berkata:

    Trus cantolan knalpot yg nempel di bracket potstep di potong ya bro..

    Mantap modifikasinya. Elegan ga brlebihan #natap motor sendiri🙄

  5. kasamago berkata:

    dan ternyata motor ini telah menjadi legenda baru roda2 tanah air. luar biasa.
    btw kang, bahas donk sp perancang vixion.. hebat tu orang.

  6. abalabal berkata:

    mntep knsepnya, tp kpn nih nvl pkek usd??!

  7. ipanase berkata:

    yang versi uerope nyusss, undertail knalpotnya😀 , jadinya… jauhh😀

  8. Aaliyah berkata:

    Was looking for informative post about this issue — some of the things you have described I was in no way conscious of before.

  9. Morgan berkata:

    Im no pro, but I feel you just crafted an excellent point. You obviously know what youre talking about, and I can definitely get behind that. Thanks for staying so upfront and so straightforward.

  10. gasspoll83 berkata:

    sayang dari konsepnya sedikit melenceng desainya terutama headlamp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s