Audio Pilot Assy F1ZR buat V-ixion (part 1)

Audio Pilot Assy F1ZR

Audio Pilot Assy F1ZR

Well… Cerita ini berawal ketika saya memasang pelek R15 & RDB di salah satu bengkel resmi Yamaha (beres tapi juga menangani motor selain merek Yamaha) :mrgreen: Saat itu mekaniknya kebingungan bagaimana arah membelokkan hose ke master rem. Lalu saya disuruh muter-muter keliling kampung cari New V-ixion buat dilihat jalur hose-nya menggunakan motor sang mekanik.

Motor kepunyaan mekanik tersebut adalah New Jupiter MX yang berkopling otomatis. Nah, yang bikin saya takjub sama motor itu adalah, ketika seinnya dinyalakan keluar bunyi tiit… tiit… tiit… wow, amazing!  :mrgreen:  Sejak saat itu saya terinspirasi buat bikin V-ixion saya jadi bisa seperti itu.

Alasan saya ingin memasang fitur sein berbunyi ke V-ixion ialah karena saya kadang lupa mematikan sein sehabis berbelok  :mrgreen:  . Tadinya saya kira itu merupakan fitur bawaan New Jupiter MX, tapi setelah saya konsultasi sama Kang Ari, katanya itu merupakan fiturnya F1ZR, oowh. Kemudian saya memutuskan untuk menebus komponen yang bisa bikin sein bunyi tersebut ke dealer Yamaha terdekat.

Di dealer Yamaha, saya baru tahu kalau komponen tersebut bernama Audio Pilot Assy. APA memang ada di motor F1ZR, dan APA F1ZR ada 2 macam, yang satu harganya sekitar 130-an ribu untuk F1ZR keluaran tahun 1998 (kalau ngga salah) dan yang satu lagi harganya 58 ribu untuk F1ZR keluaran tahun 2005. Mas2 yang di bagian sparepart sebenarnya masih ragu soal fungsi APA tersebut, apa benar komponen ini yang bisa bikin sein berbunyi? Mungkin dia hafal semua part number beserta harganya, tapi soal kelistrikan motor sepertinya dia kurang paham. Lalu dia tanya ke salah satu mekanik dealer dan akhirnya menyarankan buat ambil yang harga 58 ribu.

Karena saya sendiri juga masih ragu, benar ngga sih APA ini yang bikin sein jadi bunyi? Lalu saya putuskan untuk bertanya ke mekanik di bengkel yang punya MX tadi. Akhirnya saya tahu ternyata yang bikin sein MX-nya bunyi waktu dinyalakan ialah karena dipasang komponen berwarna hijau yang dia sebut relay yang ternyata bukan komponen asli Yamaha (Yamaha Genuine Parts). Walah, ternyata komponen abal-abal, sama kayak bengkelnya juga bengkel Yamaha abal-abal. :mrgreen:

Saya kok malah jadi tambah ngga yakin kalau APA ini bisa bikin sein berbunyi, walaupun sudah diberi tahu Kang Ari soal itu. Yang bikin saya tambah ragu kenapa? Jadi sehabis dari bengkel, saya terus pulang ke kontrakan. Nah sesampainya di kompleks kontrakan, saya ketemu sama penjual es krim yang pakai F1ZR. Sambil pura-pura beli es krim yang harganya seribuan, saya iseng-iseng tanya soal F1ZR-nya dan saya coba nyalakan seinnya. Lho kok ngga bunyi?!🙄 Dalam hati saya bertanya-tanya,”pimen kiye?” Sambil menikmati seconthong es krim murah yang ternyata rasanya, hmmm… enak juga:mrgreen:

Tapi mau bagamana lagi, saya sudah terlanjur pesan, dan setelah 2 minggu inden akhirnya hari ini barangnya sampai. Mari kita buktikan beberapa hari lagi, benarkah APA ini bisa bikin sein V-ixion saya bunyi, atau???

to be continued…

 

Demikian dari saya,

Salam.

Tentang ahmadfaisolat

Kuli Proyek
Pos ini dipublikasikan di Motor, V-ixion. Tandai permalink.

6 Balasan ke Audio Pilot Assy F1ZR buat V-ixion (part 1)

  1. Rollerman berkata:

    fitur lama,tapi sangat vital banget

    kalau dulu sih,kyknya malu kalau bunyi lampu sein gt,apalagi kalau akinya mulai ngedrop,pst kyk orang tercekik.hahaha

    tp kalau jaman skarang mungkin sangat vital,soalnya banyak orang2 yang gak matiin sein kanan,ehh tiba2 belok kiri,ya udah deh mesti waspada…

  2. Aa Ikhwan berkata:

    sip ajib,.. ditunggu reviewnya😀

  3. Mas Sayur berkata:

    ha..hay..itu benar bawaan F1Z bro..dulu tahun 95-an ‘barang’ itu masih melengkapi jajaran motor bebek 2 tak yamaha sebelum akhirnya hilang setelah muncul Yamaha cripton dan F1Z R yang bodynya sama dg vega lama…

  4. mudagrafika berkata:

    Waah…apik iki… *bersambungnya ditunggu lho ya*😀

  5. azizyhoree berkata:

    apik kie jaman dahulu pemakai fizR sering dicopot fitur tiit tiit ini :mrgreen: , dirimu wani pasang jozz!

  6. vixy182 berkata:

    nunggu review nya… dari jaman force1 pnya kakek ane juga dah make fitur kek gitu juga bro sbelum f1zr

Tinggalkan Balasan

