Ferrox Air Filter di Yamaha V-ixion

Bro dan Sis sekalian… Beberapa waktu belakangan saya sering mampir di forum-forum Yamaha V-ixion. Saya berkeinginan untuk meng-upgrade performa V-ixion saya. Di sana banyak dijelaskan berbagai cara untuk meningkatkan performa V-ixion, mulai dengan cara-cara yang sederhana seperti mengganti komponen standar dengan produk aftermarket yang plug and play (PnP) sampai dengan memodifikasi ekstrem semisal dengan mem-bore up, stroke up, papas head cylinder, porting and polish (yg ini termasuk ekstrem ga ya? :D), etc. Nah, karena saya agak kurang berminat dengan modif ekstrem (karena khawatir akan durability & budget:mrgreen: ), maka saya memilih untuk mencoba menggunakan produk variasi saza. Dan yang saya ganti adalah filter udara/air filter.

Saya tertarik dengan produk filter merek FERROX. Harganya memang agak mahal tapi secara kualitas bahan sepertinya meyakinkan. Saya broswing ke fan page FERROX untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Di FP tersebut disebutkan bahwa:

All air filter are the same ? THINK AGAIN !

Mission

We surface up in the competition by applying the new green technology. All Ferrox Air Filters come in the best quality of Stainless Steel originated from Japan, framed in natural rubber to maintain its durability over a very long life span.

Standard or basic air filters are mostly paper base, which is directly related to the trees cutting in most tropical countries. Replacing basic air filters with Ferrox may occasionally discourage and diminish the disappearance of green forest.

Usage of Ferrox Air Filters will enhance the fuel burning process resulted in cleaner gas emissions. Never have such simple yet vital part of a vehicle played so big role in keeping an environmental friendly emissions.

Although not officially tested nor confirmed, comments have been arising from customers claiming to have a better mileage with these filters which directly will reduce their fuel cost from 10% to 15% each month.

Check and wash Ferrox Air Filters every 5000 km is highly recommended to maintain and prolong its durability.

Ferrox Air Filters will give its customers, a brand new way of excitement in traveling. Satisfaction guaranteed!

Information

Today’s world is driven by customers’ demand who know best what they want. Some prefer affordable items while some incline to have better quality products even up to ultra high end standards.

Ferrox Air Filters answer to all those category in one simple but yet reasonable price range. With its functionality and unbelievably long life cycle, Ferrox Air Filters will benefit all of its users. Enjoy Ferrox Air Filters to the end of your vehicle life span.

Yang terjemahannya kurang lebih:

Semua filter udara adalah sama? PIKIR LAGI!

Misi

Kami hadir dalam kompetisi dengan menerapkan teknologi baru yang ramah lingkungan. Semua Filter Udara Ferrox hadir dalam kualitas terbaik, terbuat dari stainless steel asli dari Jepang, dibingkai dengan karet alam untuk menjaga daya tahan selama rentang waktu yang sangat lama.

Filter udara standar sebagian besar terbuat dari kertas, yang dibuat dengan menebang pohon di sebagian besar negara tropis. Mengganti filter udara standar dengan Ferrox dapat mencegah dan mengurangi hilangnya hutan hijau.

Penggunaan Ferrox Air Filter akan meningkatkan proses pembakaran bahan bakar sehingga menghasilkan emisi gas buang yang lebih bersih. Komponen sederhana namun vital bagi kendaraan dan punya peran besar menjaga lingkungan.

Meskipun tidak secara resmi diuji atau dikonfirmasi, komentar yang muncul dari pengguna mengaku dapat menempuh jarak yang lebih jauh dengan filter ini, yang secara langsung akan mengurangi biaya bahan bakar dari 10% sampai 15% setiap bulan.

Periksa dan cuci Ferrox Air Filter setiap km 5000 sangat dianjurkan untuk merawat dan memperpanjang daya tahan.

Ferrox Air Filter akan memberikan pengguna cara baru berkendara yang menyenangkan. Kepuasan dijamin!

Keterangan

Saat ini produsen didorong oleh permintaan konsumen yang paling tahu apa yang mereka inginkan. Ada yang menginginkan produk yang terjangkau sementara yang lain ingin produk berkualitas baik bahkan sampai ke standar ultra high end.

Ferrox Air Filter menjawab semua keinginan tersebut dalam satu solusi, berkualitas namun dengan harga terjangkau. Dengan fungsi dan siklus hidup luar biasa panjang, Ferrox Air Filter akan menguntungkan semua penggunanya. Nikmati Ferrox Air Filter hingga akhir masa hidup kendaraan Anda.

Wah, produk ramah lingkungan nih. Tapi kalau pakai ini bisa menambah power ngga ya? Dikutip dari motorplus-online.com:

Tes Filter Udara Ferrox, Menambah Tenaga?

Banyak yang mengganggap filter udara sepele. Padahal fungsi filter udara sebagai penyaring angin yang masuk ke ruang bakar. Kalau part ini diperhatikan akan lebih mendongkrak performa mesin dan bikin hemat bensin.

Dari alasan itu, Ferrox diciptakan. Ferrox filter udara yang terbuat dari bahan stainless steel (304) berkualitas. Kerjanya sama seperti filter biasa. Yaitu menyaring udara kotor yang masuk ke ruang bakar.

“Kelebihan Ferrox mampu menyaring maksimal udara yang masuk ruang bakar. Tapi, tidak mengurangi pasokan udara yang dibutuhkan mesin,” kata Andy Hasten, importir dari Primes Asia, selaku distibutor Ferrox yang mendatangkan filter ini dari Thiland.

Tim EM-Plus menantang Ferrox untuk diuji di atas mesin Dynotest. Sementara, Ferrox baru menyediakan untuk Yamaha V-ixion dan Kawasaki Ninja 250R. Kelinci percobaan ini kali menggunakan V-ixion yang sudah menempuh jarah 40.000 km.

Biar uji coba ini jelas, tim EM-Plus turut mengundang Jon Sufri dari Yamaha V-ixion Club Indonesia (YVCI) selaku saksi. Dino dilakukan di bengkel Aerospeed Jl. H Nawi Raya No. 74, Jakarta Selatan.

V-ixion yang masih aplikasi fiter standar dirunning beberapa kali. Sampai peak power terbesar didapat. Keadaan standar, memuntahkan power sebesar 14,19 dk/8.750 rpm, serta torsi 9,41 ft.lbs/7.400 rpm.

Giliran filter Ferrox yang dijejalkan di box filter. V-ixion kembali dirunning di atas dino. Agar penggantian filter bekerja maximal, konsumsi bahan bakar sedikit dinaikkan menggunakan FI Diagnostic Tools kepunyaan Bro Sufri. Konsumsi bahan bakar dinaikan 3 step (ditambah 0,075 debit). Karena filter Ferrox dianggap lebih lancar mengantar udara.

Setelah dites, V-ixion berhasil memuntahkan power 14,54 dk/8.400 rpm dan torsi 9,54 ft.lbs/7.300 rpm. Artinya power naik sebanyak 0,35 dk dan torsi 0,13 ft.lbs.

Dilihat dari grafik, power dan torsi naik secara konstan. Motor enak akselerasi. Apalagi jalanan Jakarta yang stop and go, pasti lebih terasa entakan mesinnya jadi galak. Napas motor pun makin panjang. Asik tuh bro.

Perawatan

“Periksa filter bila pemakaian motor sudah 10.000 km. Bila berada di kota yang tingkat polusinya tinggi, sebaiknya bersihkan sesuai jadwal penggantian oli,” jelas Ko Andy.

Cara membersihkannya, menggunakan air bersih. Lalu goyangkan didalam air agar kotoran terlepas. Gunakan deterjen supaya kotoran terangkat.

Filter Ferrox Yamaha V-ixion dibanderol Rp 300 ribu. Untuk pembesut Ninja 250R dilepas Rp 650 ribu. “Buat Ninja lebih mahal karena bingkai filternya terbuat dari silikon padat dan ada warna oranye,” tutup pria yang suplai barangnya ke VIXIONSHOP

Alamat VIXIONSHOP di Komplek Lan Blok E No. 8 Jl. Administrasi II, Lembaga Administrasi Negara, Pejompangan, Jakarta Barat. Telp. (021) 60263777. Okelah kalo begitu. (motorplus-online.com)

Oh, tenaganya naik sebanyak 0,35 dk dan torsi 0,13 ft.lbs. Yah lumayan lah naik dikit.:mrgreen:

Dan tadi siang saya membulatkan tekad untuk mampir di CENTRO MOTOR, Jl. Bulusan Raya 5D, Tembalang, Semarang (024 700 969 75 / 0818 0587 7991), buat menebus FERROX air filter.

Centro Motor

Centro Motor

Penampakannya:

jreng jreng

jreng jreng

Pemasangan, tinggal plek, ngga disetting blas?

Pemasangan, tinggal plek, ngga disetting blas?

Atas: filter ori bawaan V-ixion, bawah: kemasan 'eksklusif' FERROX

Atas: filter ori bawaan V-ixion, bawah: kemasan ‘eksklusif” FERROX

Jadi kesimpulannya, saya sudah memasangkan FERROX air filter di V-ixion saya. Dan kesan-kesannya setelah menggunakannya, saya belum tahu apakah konsumsi bahan bakarnya jadi lebih irit atau tidak, kan baru dipasang beberapa jam. Kalau nanti sudah saya coba untuk pengendaraan jarak jauh, saya akan kasih update. Mengenai performa motor, saya sendiri sih tidak merasa peningkatan tenaga yang signifikan di motor saya. Mungkin karena saya kurang sensitif. Tapi, yaaa napas jadi lumayan enteng lah, hehehe

Sekian, semoga bermanfaat.

Met bobo semua, met beraktivitas😀

Tentang ahmadfaisolat

Kuli Proyek
Pos ini dipublikasikan di Motor, V-ixion. Tandai permalink.

21 Balasan ke Ferrox Air Filter di Yamaha V-ixion

  1. lanangbagus berkata:

    buat beat f1 ada ga

  2. wijaya3 berkata:

    kalo kotor tinggal cuci, ini enaknya,
    nabung dulu ah. Nais inpo bro.🙂

  3. orong-orong berkata:

    jossss, sampai panjang gitu pencerahannya
    http://sarikurnia980.wordpress.com/

  4. dimasarif96 berkata:

    ane malah lagi nabung buat beli VAI mas😀

  5. bmaster23 berkata:

    salam kenal gan🙂
    kunjungan perdana..
    mampir balik : http://bmaster23.blogspot.com/2013/05/kumpulan-status-fb-lucu-terbaru-part-2.html

  6. kac98 berkata:

    Masih meragukan soal naik power yang hanya tipis 0,35 dk
    karena disitu ada kenaikan debit bahan bakar juga filter masih baru/bersih.
    Akan lebih afdol kalo sama-sama pake filter baru dan tes juga saat setingan sama.
    nilai plusnya saya kira cuma bisa dicuci dan bukan dari kertas.

  7. kac98 berkata:

    Masih meragukan soal naik power yang hanya tipis 0,35 dk
    karena disitu ada kenaikan debit bahan bakar juga filter masih baru/bersih.
    Akan lebih afdol kalo sama-sama pake filter baru dan tes juga saat setingan sama.
    nilai plusnya saya kira cuma bisa dicuci dan dibuat bukan dari kertas.

    • WhatTheFact berkata:

      hmmm…

      filter standar udah lama (& mungkin udah busuk) vs filter baru

      debit standar vs debit ditambah

      tenaga vs tenaga + 0,35 DK

      ——

      harusnya yg dibandingkan

      filter standar baru vs filter variasi

      debit dibuat sama

      ——

      masuk akal juga analisisnya Bro,

      ——

      yups, dpt dicuci & bukan dari kertas ky filter konvensional. kelihatannya lebih hi-tech, kelihatannya…

      haha

    • Hasten berkata:

      Hallo salam kenal…

      Jangan ragulah bro… Qiqiqi
      Pengetesan dilakukan bersama dengan wartawan M+ dan perwakilan dari Yamaha Vixion Club Indonesia. Kondisi filter masih standar baru ting2 mulus kuning langsat tidak ada debu karena baru buka dari segel kemudian di geber di atas mesin dynotest di Aerospeed 74. Didapatkan DK/HP pada standar.

      Kemudian diganti ke Ferrox lalu digeber pertama kali namun kurva AFR tidak berada diantara 12-13 (pembakaran sempurna). Maka diperlukan setting CO, kebetulan dinaikan +3 untuk menyeimbangkan asupan udara yg masuk dan agar sensor kurva AFR berada diantara 12-13 yang artinya pembakaran bagus (memang seperti ini yang namanya dynotest). Segala penambahan alat performa mesin pasti ada penyesuaian di kondisi mesin motor itu sendiri. Didapatlah hasil kenaikan 0.35DK.

      Pada teori diatas kertas kalau CO naik akan lebih boros namun jangan lupa pada hasilnya, dengan pembakaran yang baik maka volume bensin yg dikeluarkan akan di maksimalkan sehingga hasil performa didapat sangat optimal. Tenaga mesin naik sehingga tidak perlu betot gas lebih banyak untuk mencapai kecepatan yg diingkan. Alhasil jelas akan lebih irit apabila cara berkendara tidak berubah.

      Dicoba deh filter Ferrox nya…

      Terima kasih atas artikel yang sangat baik ini yah bro. Salam sukses selalu…

  8. mie berkata:

    Kemampuan menyaring kotoran & debu jgn lupa, filter std bs nyaring 20 micron. Cek aja, setelah jalan 1000km, filter yg bagus harusnya kotor krn berhasil nyaring, klo filter msh bersih berarti kotoran masuk ke mesin tdk tersaring.

  9. ali berkata:

    gimana gan, lebih irit BBM ga ?

  10. Yumma berkata:

    Itu setelah si ferrox nempel di motor ngga di setting apa-apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s